Karya Ilmiah Lingkungan Bisnis
“Langkah Menjadi Pengusaha Sukses”
Nama : Dheana Titaura Hanindita
Nim : 16.12.8984
Kelas : 16 S1SI 01
UNIVERSITAS AMIKOM
YOGYAKARTA
2016/2017
BAB I
PENDAHULUAN
A. ABSTRAKSI
Saat ini, kita mengetahui bahwa lowongan
pekerjaan tak sebanding dengan pencari pekerjaan. Padahal kebutuhan ekonomi
semakin hari kian meningkat. Hal ini menyebabkan naiknya tingkat pengangguran.
Terkadang, menjadi seorang karyawan pun
gaji per bulan belum mencukupi kebutuhan harian. Untuk itu kita dituntut untuk
mencari jalan keluar dari permasalahan ekonomi dengan berwirausaha sendiri.
Dengan berwirausaha, kita akan melatih
diri untuk terus maju dan berkembang, walaupun harus melewati beribu kegagalan
sebelum bisa sukses.
Terdapat beberapa langkah yang harus
dilakukan agar mencapai kesuksesan dalam memulai berwirausaha.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Langkah Awal Menjadi Wirausaha
Menjadi pengusaha
merupakan hal yang susah-susah gampang. Namun terdapat beberapa langkah yang
dapat memudahkan kita dalam menjadi pengusaha.
1. Ide Usaha (Business Ideas)
Ide usaha merupakan
hal terpenting sebelum memulai suatu usaha karena usaha yang diawali dengan ide
yang baik serta memandang jauh ke depan akan menghasilkan usaha dengan kualitas
yang baik. Lalu yang menjadi pertanyaan, bagaimana kita menentukan ide usaha?
Untuk menentukan ide usaha anda dapat menemukan ide itu dari rutinitas anda
sehari-hari, mulai dari hobi, kegemaran, keahlian, kesukaan dan hal lainnya
yang anda kuasai. Jika anda memulai suatu usaha dari hal yang anda kuasai maka
usaha tersebut akan berjalan lancar bahkan saat terjadi masalah sekalipun.
2. Rencana Usaha (Business Plan)
Setelah menemukan
ide sempurna untuk usaha yang akan anda jalani langkah selanjutnya adalah
rencana usaha yang matang. Rencana usaha menjadi hal yang sangat penting untuk
anda pikirkan matang-matang sebelum memulai suatu usaha, salah satu masalah
yang akan timbul jika anda mengabaikan Business Plan adalah kekacauan di tengah
usaha yang berakibat pada kemunduran bahkan kegagalan usaha anda.
Rencana usaha
memiliki banyak sekali keuntungan untuk usaha anda. Keuntungan yang pertama
adalah anda dapat mengetahui kemana arah dan tujuan dari usaha anda, meskipun
usaha anda bersifat mikro(kecil) namun dengan arah serta tujuan yang pasti,
usaha anda akan cepat maju dan berkembang. Keuntungan yang kedua, dengan
rencana usaha yang matang anda dapat menentukan berapa modal awal serta
penghasilan yang kelak anda dapatkan dari usaha anda, dengan perencanaan yang
baik tentunya anda dapat meminimalisir biaya pengeluaran namun dengan penghasilan
yang maksimal.
3. Survei (Observations Environment)
Langkah selanjutnya
yang harus anda lakukan adalah survei atau pengamatan lingkungan sekitar. Jika
kita melihat dari segi keuntungan yang di dapat tentunya survei sangat wajib
untuk di lakukan. Survei atau pengamatan di lakukan untuk mengetahui kondisi
konsumen, lingkungan sekitar, lokasi usaha, pesaing, target penjualan,
pemasaran dan masih banyak lagi yang berkaitan dengan lingkungan sekitar.
Dengan survei anda juga dapat mengetahui banyak hal serta peluang berkembang
tidaknya usaha anda. Jika anda mendirikan usaha dengan lingkungan yang
mendukung serta minim pesaing maka dapat di pastikan jika usaha anda siap
meroket dan bersiaplah menjadi seorang pengusaha sukses.
4. Persiapan Usaha Dengan Baik (Preparation of Business)
Semua itu butuh
persiapan, sebelum belajar persiapan yang harus kita lakukan adalah berdoa.
Persiapan seperti izin mulai dari SITU, SIUP dan izin-izin lainnya yang masih
terkait harus di persiapkan dengan baik, selain itu jika anda membuka usaha
yang mana cukup besar maka anda membutuhkan banyak karyawan, persiapkan
karyawan anda, anda juga tidak boleh lupa mempersiapkan modal, administrasi
usaha, alat-alat, mesin, fasilitas dan juga logo atau nama dari perusahaan anda.
5. Memulai Usaha (Action)
Setelah anda
selesai dengan ke-empat langkah memulai usaha di atas, kini saatnya anda
action. Action atau memulai usaha merupakan langkah terakhir untuk anda yang
mana setelah anda memulai action berarti anda telah siap memasuki gerbang
persaingan usaha dengan orang atau perusahaan lain yang mana ini menentukan
berkembang tidaknya usaha anda.
Referensi :